#SokReview: @Kuran666er Episode 1 – Selamat Datang Pahlawan Delusi

Saya suka sekali tokusatsu. Semenjak kecil, hampir semua orang tahu superhero semacam ini. Tak usah saya sebut, pasti banyak yang tahu kok, haha. Di lain sisi, pada masanya, drama radio pernah menjadi jawara dalam dunia hiburan. Saur Sepuh, Tutur Tinular, Misteri Gunung Merapi, Catatan Si Boy pernah jadi pilihan masyarakat dalam memilih bahan hiburan. Saya sendiri tidak ingat apa saya pernah menikmati masa-masa ini. Percayalah, judul-judul yang saya sebutkan tadi adalah hasil googling. Lalu apa hubungannya antara tokusatsu dengan drama radio? Penasaran?

Nah! Cukup basa-basinya. Saya akan mencoba menulis lagi #SokReview. Kali ini tentang drama audio (atau apapun istilahnya, saya juga ngarang itu) yang sedang populer, khususnya di kalangan wota. Yaitu tentang #Kuran666er. Tokusatsu pertama yang hadir dalam bentuk audio!

Tapi, sebelum membaca lebih lanjut, #SokReview saya ini mungkin bersifat subjektif, tak semenarik review dari Skyman Kuran666er disini atau review dari @realQuezFlow yang ini. Jadi, saya sangat senang jika ada saran dan kritik juga dari pembaca. Tapi, saya pribadi lebih suka kalau dibeliin nasi goreng babat sih. Gratis lagi!

Syahdan, suatu hari di linimasa Twitter (saya lupa kapan), para wota dan tokoh-tokoh kreatif yang ada di tab saya semacam Bang Rendy, Bang Rangga, Kak Gala..mulai menggembar-gemborkan tentang Kuran666er. Oke. Pikiran pertama saya adalah, “Ranger yang kurang. Tapi apanya yang kurang ya?”. Ini bikin saya benar-benar penasaran. Dan saya sempat berfikir juga, akan jadi seperti apa, dan dalam bentuk apa?

Singkat cerita, saya menemukan akun Soundcloud Kuran666er! Senang bukan main! Sudah tidak sabar lagi saya menunggu episode pertamanya keluar. Tapi, pada waktu itu, akun Soundcloud tersebut masih berisikan teaser-teaser saja. Sumpah, teaser-teasernya saja sudah membuat saya bengong. “Kok bisa sebagus ini? Ini baru teaser lho!”, begitu pikir saya. Ditambah lagi setelah mendengar teaser opening-nya. KEREN!! XD Dan mulailah muncul kode ini:
BHABB0AC.2048

Jadi apa maksudnya? Fiuuhhh.. Sampai episode pertama rilis pun saya gak bisa mecahin kodenya kecuali 2048, yang ternyata memang benar itu adalah durasi episode pertama. Hohoho! Tebakan saya benar! Dan kode berupa huruf dan angka itu akhirnya dibocorkan oleh twitnya Kuran666Red disini:

Dan hari itu pun tiba. 28 Desember 2013. Hari dimana senshuuraku RKJ dan perpisahan Stella Cornelia. Dan di hari itu pula saya sedang tidak berada di kota. Saya sedang ada di desa yang notabene sinyal internetnya kurang bagus. BAH! “Entar streaming episode perdana piye?” Tapi keajaiban terjadi. Pukul 21.03 WIB, tiba-tiba koneksi internet saya berjalan dengan baik! Lah.. KOK BISAAA??!! Ah bodo amat, yang penting saya bisa streaming episode perdana ini dan tanpa pikir panjang saya langsung menuju akun Soundcloud Kuran666er XD

Mungkin ada yang belum denger episode 1 Kuran666er, coba kesini dulu deh: Episode 1
Jangan lupa follow kesini yaw! @Kuran666er

TOKOH
Sampai saat ini ditulis, baru episode 1 saja yang dirilis. Jadi, tidak menutup kemungkinan ada banyak tokoh yang nanti akan muncul lagi. Baiklah, mari kita kupas satu persatu tokoh-tokohnya.

#KURAN666RED (@RanggaPranendra)
Ternyata abang-abang yang satu ini bener kuran666 (–, ) Jargon, “Mel.. Kangeeeeeennn~~” bener-bener bikin ketawa XD Benar-benar mencerminkan kerinduan yang mendalam pada oshinya. Hehehe. Sosok leader yang cukup baik untuk Kuran666er ini. Dialog yang dilakukan sama Bang Rangga pun keliatan natural banget. Kayak menjiwai banget gitu. Keliatan gagah..tapi kuran666. Apalagi dimana ketika ada adegan Kuran666Red sedang berbicara dengan Jenderal Woshrek dan saat Kuran666Red mendapatkan senjata barunya ‘Laksani Sword’. Itu imajinatif sekali, lho. Membayangkannya benar-benar mengharuskan saya membuat sebuah bayangan visual sendiri di pikiran saya. Keren banget kalo beneran bakal dijadikan komik :)) Oiya, “Laksanikan!” ini kata-kata yang ngeselin banget lah! Hahahaha.

Gagah kan? Tapi ya gitu..kuran666

Gagah kan? Coba human form nya..kuran666 banget

#KURAN666BLACK (@Pichink)
Wota mulia. Panutan keluarga. Sayang istri dan anak dan juga sayang oshi. Sepertinya, karakter yang tercipta dari Om Pichink ini adalah seorang yang bijaksana gitu. Ya, semacem ranger-ranger hitam di serial Sentai/ Power Rangers. Lagi-lagi karakter yang unik. Terkesan bijak tapi kalo ngomongin oshi ekspresinya itu lucu, Om XD
Saran saya, cepetan kenalin jeketi ke anaknya, Om. Takutnya Jenderal Woshrek menang terus jeketi bubar, Om.

Eh, jangan deh! Saya belom pernah teateran! Selamatkan para member yah!

#KURAN666GREEN (@Jovi_Mikki)
“Oshi gua Rena, cuuuyyyyyy”. Kalimat yang diucapkan Bang Jovi ini juga terdengar sangat kuran666. Intonasi dialog yang diucapkan Bang Jovi ini juga udah bagus. Terdengar enjoy dan natural. Saya berharap di episode 2 nanti juga di tonjolkan nih karakter si hijau. Eh bentar, di Kuran666er ada aturan oshi boleh lebih dari satu gak? Kalo gak ada, nanti Bang Jovi bisa dipecat lho. Nanti Kapten Mario bakal rekrut orang lain, hehe.

#KURAN666BLUE (@bintangrafdi)
Kaget sih. Karena drama audio jadi kita kan gak bisa melihat secara visual. Kenapa saya kaget? Lagi enak-enaknya Bang Rangga sama Om Pichink lagi ngobrol tau-tau udah ada suara lain, yang katanya udah ngantri di depan. Hoho, ternyata itu suara Bang Bintang. Ranger biru kita. Kalo ditebak-tebak gitu, apa bener karakter ranger biru ini sama kayak oshinya, pemalu gitu? Ya saya belum tau sih. Mungkin karena baru 1 episode jadi belum all out karakternya. Beberapa dialog juga terdengar agak kaku, atau emang sifatnya juga? Ah sudahlah, semoga di episode 2 nanti karakter utamanya Bang Bintang yah.

#KURAN666YELLOW (@rendyyusuf)
“Tapi gua sukaanyaaa Yoonaaaaaaa~”
“Houuuooo..yeeiiyeeeehhh~”
Gak bisa ngomong banyak. Bodornya poll!! XD Bang Rendy sepertinya memang bener-bener kuran666. Pake ban666et. Natural banget nih. Penasaran pengen ketemu Bang Rendy langsung begimana yak? Haha. Kayaknya Yona udah jadi candu gitu buat karakter si kuning ini XD Tetap bodor ya bang di episode-episode selanjutnya X))

KAPTEN MARIO (@fxmario)
Yang saya liat dari karakter Kapten Mario ini, masih banyak yang perlu diketahui asal-usulnya. Dalam pembawaannya, sepertinya masih kaku dan masih terdengar seperti membaca script banget. Tapi, saya yakin kok Om Mario ke depannya bakal lebih menjiwai. Ya iyalah. Kapten OOM48 gitu *lho
Tapi, serius, jujur saya sangat menantikan asal usul masa lalu karakter Kapten Mario ini. Hehehehe.

NARATOR (katanya sih @GalaEvanggala)
Enak denger suara naratornya. Terkesan memang biasa bercerita. Jadi saat narator membacakan cerita, saya benar-benar bisa membayangkan kejadiannya seperti apa. Cadelnya lucu, bang :v Hehehe.

SUARA DOANG BELUM TAU BAKAL JADI APA (katanya sih @GalaEvanggala juga)
“Sisil manis, ya!” *dengan nada cadel*
Curiga sama beberapa kemungkinan sih:

1. Si tokoh ini ranger tambahan
2. Punya keterkaitan sama Kuran666Red atau Kapten Mario
3. Kalau pun bener jadi ranger tambahan, pasti warnanya anti-mainstream

JENDERAL WOSHREK (@boviesandhi)
“Akulah yang akan menghitamkan pelangi, menghujani wota dengan kepedihan. Aku adalah Jenderal Woshrek. Akulah yang akan mengakhiri segala kebohongan ini. Akan kuakhiri JKT48. Dan kalian, wota-wota tak berguna, kalian akan kujatuhkan pada penyesalan tanpa batas!”

“Kalian akan mengerti air mata abadi yang kualami, ‘DENAial Schyte’!
Kekuatan potopek trainee merah, ‘Negative Delusion’!
Berubahlah kalian wota-wota lemah menjadi wombie!”

“Wombie! Serang mereka selagi aku menculik satu persatu member JKT48. Hahahaha!”

Speechless. Badass banget Bang Bovie ini :))
Jagoan banget. Berani menghancurkan kuil kesayangan wota! Beuuhh!! Untuk episode 1 ini, gak ada kekurangan. Cukup menjajikan sebagai antagonis. Thumbs up! 😀
Saya juga curiga, Jenderal Woshrek ini punya hubungan sama Kapten Mario. Cuma prediksi sih.

Gimana? Badass banget kan?

Gimana? Badass banget kan?

KAPTEN JKT48, KORBAN PENCULIKAN YANG SELAMAT (@melodyJKT48)
Makasih banyak! Iya kau mau ngucapin makasih banyaaakkk.. Aku bersyukur banget karena dukungan kalian smeua berarti banget.. :’) *sambil nangis*
Entah kenapa suara Melody disini terdengar seperti Ayu Ting Ting. Kayaknya dia pas baca script kurang menjiwai gitu.

Eh bentar, Melody ikutan, kan?

SARAN

OP-nya dishare donnggggggsssssss! Orang-orang perlu tahu karya Mas Vit ini! Dan semoga kedepannya bisa jadi komik beneran kayak disini nih..
komik Strawberry Diaries

Akhir kata, selamat datang, Pahlawan Delusi!

*Catatan Kaki

1. 2 fanart (Kuran666Red & Jenderal Woshrek) adalah buatan Kak Nathaniel (@ninesicks)
2. Komik tentang idol group yang terakhir itu adalah side story dari komik ‘Hellknight’ (baca disini) yang berjudul ‘Strawberry Diaries’ (baca disini)

Leave a Reply

